Jumat, 12 Juni 2009

Rossi Tercepat, Lorenzo Kedua


Jumat, 12 Juni 2009 | 21:57 WIB

CATALUNYA, KOMPAS.com - Duo Fiat Yamaha mendominasi sesi latihan pertama GP Catalunya, Jumat (12/6), karena mereka berada di peringkat 1-2. Valentino Rossi menjadi yang tercepat, disusul rekan setimnya yang merupakan pebalap tuan rumah, Jorge Lorenzo.

Awalnya, Lorenzo yang tampaknya mencatat waktu tercepat dengan torehan 1 menit 43,340 detik. Tetapi ketika sesi latihan ini tersisa lima menit, Rossi menyodok dan unggul 0,302 detik dari rekan setimnya itu.

Hasil tersebut tentu saja menjadi sinyal yang sangat bagus bagi tim Yamaha, khususnya untuk Rossi, yang sedang merintis lagi jalan menjadi juara. Pasalnya, dalam dua seri terakhir performa "The Doctor" jauh dari harapan karena jatuh di Le Mans, Perancis dan terakhir hanya finis di peringkat tiga saat tampil di Mugello, Italia--sekaligus mengakhiri rekor tujuh kemenangan berturut-turut di rumahnya itu.

Di belakang Rossi dan Lorenzo ada pebalap Ducati yang kini memimpin klasemen sementara, Casey Stoner, yang terpaut 0,598 detik dari Rossi. Dengan demikian, hasil latihan hari pertama ini menunjukkan bahwa dominasi top three belum tergoyahkan dan mereka bakal kembali menjadi perhatian utama pada balapan hari Minggu (14/6) nanti.

Kemajuan cukup menggembirakan juga diperlihatkan Nicky Hayden. Meskipun masih terlempar dari posisi lima besar, tetapi rekan setim Stoner itu sudah menunjukkan kemajuan karena kali ini dia berada di urutan enam, merupakan hasil terbaik mantan juara dunia 2006 tersebut sepanjang musim ini.

Duo Ducati tersebut dipisahkan oleh pebalap Honda Andrea Dovizioso dan LCR Honda Randy de Puniet. Khusus De Puniet, apa yang ditunjukkannya ini bukan sebuah kejutan, kerena dia memang selalu tampil bagus di Barcelona.

Loris Capirossi menjadi pebalap tercepat dari tim Suzuki berada di urutan tujuh. Dia setingkat di atas pebalap Tech 3 Yamaha, Colin Edwards.

Sementara itu Dani Pedrosa yang tampil dalam kondisi cedera sehingga mendapat suntikan pemati rasa, harus puas di urutan 14. Dia berada di bawah kompatriotnya yang bergabung dengan tim Hernando Ducati, Sete Gibernau (urutan 12).

0 komentar:

Posting Komentar