Jumat, 26 Juni 2009

Rossi Kejar Kemenangan Ke-100 di Assen


Selasa, 23 Juni 2009 | 22:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya dalam sejarah kejuaraan dunia MotoGP, tiga pebalap teratas mengumpulkan poin yang sama jelang seri ketujuh di Assen, Belanda. Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Casey Stoner bersaing di papan atas setelah mereka menuai 106 poin.

Nah, dengan demikian maka balapan hari Sabtu (27/6) seolah-olah menjadi titik awal persaingan menuju tangga juara dunia, seperti yang diungkapkan Lorenzo. Dan, pemenang di Sirkuit Assen akan menjadi pemimpin klasemen sementara.

Karena itu, bisa dipastikan bahwa tiga kandidat juara tersebut kembali menjadi pusat perhatian. Hanya saja, motivasi tambahan Rossi yang perlu diwaspadai.

Ya, Rossi yang dua pekan lalu tampil memukai di GP Catalunya punya ambisi pribadi. Setelah sukses di Barcelona, maka kemenangan di Assen akan membuat dirinya mencetak kemenangan ke-100 sepanjang kariernya di MotoGP.

Namun "The Doctor" yang sudah enam kali menang di Assen--termasuk empat di kelas premier--harus mewaspadai dua rival terberatnya tersebut. Pasalnya, baik Lorenzo maupun Stoner sudah merasakan kesuksesan di sirkuit ini.

Musim lalu, Lorenzo bisa finis di urutan enam meskipun baru kembali dari cedera. Tetapi rekan setim Rossi di Fiat Yamaha ini pernah menang satu kali ketika tampil di kelas 125cc dan dua kali untuk 250cc.

Sementara itu, Stoner adalah jawara tahun lalu dan jagoan Ducati ini siap bangkit setelah tampil buruk di Barcelona. Ya, di Barcelona Stoner memang finis di peringkat tiga, tapi dia jauh tertinggal dari Rossi dan Lorenzo yang menghadirkan balapan paling dramatis sepanjang musim ini. Hasil tersebut membuat Stoner tampak loyo usai balapan.

Selain Rossi, Lorenzo dan Stoner, pebalap lain yang berpotensi membuat kejutan di Assen adalah Andrea Dovizioso. Rekan setim Dani Pedrosa di Repsol Honda ini memang belum pernah menang di sirkuit ini, tetapi performanya terus membaik sehingga kini dia menempati peringkat empat klasemen sementara. (CRS)

0 komentar:

Posting Komentar