Kamis, 11 Juni 2009

Rossi Mencari "Langkah Terakhir"


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang musim 2009 ini, Valentino Rossi baru satu kali menjadi juara. Karenanya, "The Doctor" berharap akhir pekan ini timnya bisa membuat Yamaha M1 miliknya lebih kompetitif lagi sehingga dia kembali naik podium pertama di GP Catalunya. Menurut juara dunia enam kali MotoGP tersebut, trek Montmelo termasuk favoritnya. Tetapi pada dua tahun terakhir dia selalu finis kedua.

"Barcelona, seperti halnya Mugello dan Phillip Island, merupakan satu dari beberapa trek kesukaanku dan saya selalu senang balap di sana. Pada musim ini, saya baru satu kali jadi juara dan itu terjadi di Spanyol. Karena itu, saya berharap bisa juara lagi pada akhir pekan ini," ungkap Rossi, Senin (8/7).

Juara bertahan MotoGP ini datang ke Barcelona dengan membawa kekecewaan karena hasil kurang memuaskan di GP Italia dua pekan lalu. Pada balapan basah/kering di rumah sendiri itu, Rossi finis di urutan tiga sehingga dia gagal menambah panjang rekor kemenangan di Mugello menjadi delapan kali berturut-turut. Dan, hasil itu pula membuat dia kini berada di peringkat tiga klasemen sementara pebalap.

"Hasil di Mugello memang mengecewakan tetapi kami masih bisa mendapatkan poin yang bagus dan sekarang, masuk ke salah satu fase terpenting untuk mengejar gelar juara dunia. Ini sangat penting," jelas pebalap Fiat Yamaha tersebut.

"Kami harus tetap fokus dan menggunakan apa yang dipelajari di Mugello, sehingga bisa membawa kami ke arah yang lebih baik. Saya berharap agar akhir pekan ini cuacanya bagus karena menurut saya, membalap di trek basan dan kering tidak cocok denganku!"

Memang, fakta telah membuktikan bahwa membalap dalam kondisi tersebut (basah dan kering) tak menguntungkan Rossi. Hasil di Mugello menjadi bukti, di mana Rossi kalah bersaing dengan rekan setimnya Jorge Lorenzo serta pebalap Ducati Casey Stoner. Dia pun berharap, ada perubahan signifikan pada M1-nya.

"Kami belum menemukan jawaban yang tepat untuk membuat M1-ku sempurna seperti yang kunginkan. Tetapi Barcelona adalah trek yang bagus bagi kami, sehingga saya berharap kami bisa membuat langkah terakhir di sana, termasuk saat kami mendapatkan kesempatan untuk tes di sana hari Senin," jelasnya.

Rossi akan tampil di seri keenam musim ini dengan modal 81 poin. Dia terpaut lima dari Lorenzo dan tertinggal sembilan dari pimpinan klasemen sementara, Stoner, yang mencatat kemenangan kedua pada musim ini setelah merajai Mugello.

"Kami masih pada target dan dekat dengan pemimpin klasemen. Tetapi pekan ini, kami perlu berusaha agar bisa mendapatkan poin lebih dari dua pebalap yang berada di atas," ungkap manajer tim Davide Brivio.

"Biasanya kami bagus di Barcelona, tetapi di sana juga banyak pebalap lain yang kuat. Karena itu kami sadar bahwa akan terjadi pertarungan yang seru di mana kami juga berada di dalamnya!

"Hari Senin, kami akan melakukan tes pertama sejak awal musim ini dan tentu saja akan menjadi hari yang sangat penting, karena diharapkan bisa memberikan banyak informasi bagus untuk membantu kami memasuki putaran kedua," tambahnya. (CRS)

0 komentar:

Posting Komentar