Rabu, 01 Juli 2009

Agostini Akui, Rossi Mampu Melampauinya


Minggu, 28/6/2009 | 21:07 WIB

MILAN, Kompas.com - Legenda balap dunia, Giacomo Agostini mengakui Valentino Rossi akan bisa melampauinya meraih gelar juara balap motor terbanyak sepanjang sejarah.

Rossi meraih gelarnya yang ke 100 saat menjuarai GP Belanda di sirkuit Assen, Sabtu. Namun rekornya masih terpaut jauh dengan Agostini yang meraih 123 gelar juara lomba (versi lain menyebut 122) sepanjang karirnya antara 1965-1976.

"Memang terpaut jauh, namun tidak terlampau jauh," kata Agostini yang kini telah berusia 67 tahun. "Seseorang seperti Rossi dengan determinasi seperti yang dimilikinya, akan mampu mencapainya."

"Semua tergantung kepada berapa lomba yang dapat dimenanginya pada 2009. Namun dalam dua atau tiga tahun ini, ia akan mencapai 122 atau 123," ungkap Agostini lagi.

Rossi sendiri telah mengantongi delapan gelar juara dunia di semua kelas balap motor. Ia berharap mampu memecahkan rekor Agostini selama ia masih mampu bertarung di MotoGP. "Anda masih akan mammpu bersaing di puncak atas balap motor hingga usia 34," kata pebalap Yamaha ini suia lomba di Assen.

"Jarak menuju 123 gelar memang masih panjang, namun sedkit demi sedikit dapat terwujud. Untuk memecahkan rekor ini memang sangat memancing motivasi, namun saya berlomba tidak hanya untuk satu alasan itu," ungkap Rossi.

Agostini juga masih memegang satu rekor lainnya, yaitu 15 gelar juara dunia dari semua kelas yang pernah diikutinya. Ia yakin, tidak akan ada pebalap yang akan mampu memecahkan rekor ini dalam waktu yang lama. "Biarlah ini tetap menjadi rekor saya. Di jaman saya, meraih kemenangan merupakan hal yang sangat sulit. Setiap Minggu, saya harus kehilangan seorang rekan atau lawan (yang tewas di sirkuit)," kata Agostini.

0 komentar:

Posting Komentar