Jumat, 07 Mei 2010

Akhirnya Rossi Temukan "Setting" Bagus


JEREZ, Kompas.com - Kerja keras Valentino Rossi dan tim Fiat Yamaha akhirnya bisa memberikan hasil yang bagus ketika melakukan tes mesin baru di Jerez, Senin (3/4/10). Meskipun bukan yang tercepat, tetapi Rossi yang sehari sebelumnya naik podium nomor tiga di GP Spanyol ini, mampu mencatat waktu terbaik kedua.

Dalam usahanya kali ini, "The Doctor" mampu mengalahkan catatan waktu terbaiknya saat balapan karena lebih cepat seperempat detik. Juara dunia tujuh kali MotoGP ini hanya terpaut 0,055 detik di belakang pebalap Repsol Honda Dani Pedrosa, serta lebih cepat 0,026 detik dari rekan setimnya Jorge Lorenzo, yang menjadi juara balapan hari Minggu kemarin.

Rossi juga mencoba evolusi mesin baru, yang bertujuan untuk perbaikan akselesari, serta melaporkan sebuah perubahan kecil. Hanya saja, dalam tes ini Rossi kembali terkena musibah karena jatuh di tikungan kedua--dalam kecepatan rendah. Beruntung, kecelakaan itu tak memberikan dampak besar terhadap cedera bahu yang sedang membekapnya.

"Kami sudah sedikit memperbaiki pengesetan balapan, kami mendapatkan stabilitas yang lebih bagus, begitu juga dengan grip. Karena itu, kami akhirnya bisa datang di tempat yang benar, meskipun hasil ini sudah terlambat untuk balapan!" ungkap Rossi. "Kami juga mencoba ban depan baru (Bridgestone), yang bagus dan juga mesin yang sedikit berbeda dari Jepang, berusaha untuk memperbaiki akselerasi.

"Memang, perbedaannya kecil tetapi penting, meskipun kami belum tahu kapan kami akan menggunakannya dalam balapan," lanjut pebalap berusia 31 tahun ini. "Catatan waktuku cepat dan juga sempat kecelakaan kecil.

"Beruntung, saat jatuh kecepatannya hanya 65 km/jam, sehingga tidak menimbulkan masalah. Sekarang kami memiliki waktu istirahat panjang dan saya ingin memulihkan cederaku, sehingga bisa kekuatanku bisa pulih saat pergi ke Le Mans," simpulnya.

Kepuasan juga dirasakan oleh manajer tim Davide Brivio. Menurutnya, apa yang dilakukan pada tes mesin baru ini membuat mereka bisa mengetahui kesalahan yang sudah dilakukan.

"Hal penting pertama adalah berusaha memperbaiki pengesetan akhir pekan dan memahami di mana letak kesalahan, dan hal tersebut cukup sukses," ungkap Brivio. "Ketika kami mencoba beberapa peta elektronik yang berbeda, dan sebuah ban Bridgestone depan baru, yang sangat menjanjikan.

"Akhirnya kami juga mencoba mesin yang sedikit berbeda; sebuah model pengembangan yang mungkin tidak segera kami lihat, tetapi umpan balik kami akan sangat bermanfaat bagi Yamaha untuk pekerjaan ke depannya."

- Hasil tes di Jerez, Senin (3/5/10)

Pos Rider Team Time Gap
1. Dani Pedrosa Honda 1m39.425s
2. Valentino Rossi Yamaha 1m39.480s + 0.055s
3. Jorge Lorenzo Yamaha 1m39.506s + 0.081s
4. Randy de Puniet LCR Honda 1m39.609s + 0.184s
5. Andrea Dovizioso Honda 1m39.760s + 0.335s
6. Casey Stoner Ducati 1m39.786s + 0.361s
7. Nicky Hayden Ducati 1m39.906s + 0.481s
8. Ben Spies Tech 3 Yamaha 1m39.958s + 0.533s
9. Loris Capirossi Suzuki 1m40.040s + 0.615s
10. Colin Edwards Tech 3 Yamaha 1m40.042s + 0.617s
11. Marco Melandri Gresini Honda 1m40.129s + 0.704s
12. Marco Simoncelli Gresini Honda 1m40.370s + 0.945s
13. Mika Kallio Pramac Ducati 1m40.446s + 1.021s
14. Alvaro Bautista Suzuki 1m40.463s + 1.038s
15. Hiroshi Aoyama Interwetten Honda 1m40.470s + 1.045s
16. Aleix Espargaro Pramac Ducati 1m40.686s + 1.261s
17. Hector Barbera Aspar Ducati 1m40.932s + 1.507s

0 komentar:

Posting Komentar